Penerapan Pendekatan CRT pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.134Keywords:
Culturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Hasil belajar matematika siswa kelas II di SD Negeri Dukuh Kupang III/490 Surabaya pada materi pecahan 1/2 dan 1/4 awalnya tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus melibatkan satu pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Dukuh Kupang III/490 Surabaya selama semester genap tahun ajaran 2023/2024, melibatkan 25 siswa kelas II sebagai subjek penelitian. Pada tahap pra-siklus, hanya 32% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Angka ini meningkat secara signifikan menjadi 60% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi pecahan 1/2 dan 1/4.
Downloads
References
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elementary Education, 3(2), 123–133. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Apriliawati, D., & Noviana, Y. T. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV melalui Penerapan Metode Drill dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 11(1), 169–179.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.
Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ALIFBATA: Journal of Primary Education, 3(2), 7–14.
Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48.
Noor, A. F., & Sugito, S. (2019). Multicultural Education Based in Local Wisdom of Indonesia for Elementary Schools in the 21st Century. Journal of International Social Studies, 9(2), 94–106.
Rohman, S. (2021). Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan Respon Peserta Didik. Guepedia.
Rustiyarso, M. S. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Noktah.
Sugiarto, S. P., & Kom, M. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA. Penerbit YLGI.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531.
Tegeh, I. M., & Pratiwi, N. L. A. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ika, 17(2), 150–170.
Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Masfiastutik, Anna Roosyanti, Ratna Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.