Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.127Keywords:
Hasil Belajar, Project Based Learning, Culturally Responsive TeachingAbstract
Dalam pembelajaran matematika, kegiatan belajar sering kali berpusat pada guru dan latihan soal di buku LKS, sehingga sebagian peserta didik tidak memahami konsep dan aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari. Di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya, masalah yang terjadi adalah kurangnya inovasi guru dalam menerapkan model dan pendekatan pembelajaran, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti desain Kemmis dan McTaggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, yang juga tercermin dalam peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra-siklus, siklus 1, hingga siklus 2 yang mencapai 93%, melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Oleh karena itu, penerapan model Project based learning (PjBL) dan pendekatan Culturally responsive teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya.
Downloads
References
Adawiya, R. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII Siswa MTS Amalul Ikhlas T.A. 2019/2020. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 78–90.
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project based learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 143–149.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468 – 470. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/a%0Article/view/1758
Dewantara, K. H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Leutika.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Douglas, C. M. (2020). A Case Study for Culturally Responsive Teaching in Glodok, Jakarta, Indonesia: the Negotiation of Identity and Instruction for a Chinese-Indonesian Educator. International Journal of Chinese Education, 113–126.
Elfina, J., Hala, Y., & Herawati. (2023). Implemtasi Model PjBL (Projek Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas X2 UPT SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 596–603. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5294/pdf
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Febdhizawati, E. H., Buchori, A., & Indiati, I. (2023). Desain E-Modul Flipbook Berbasis Culturally responsive teaching (CRT) pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5233-5241. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6544
Hernandez, C. M., Morales, A. R., & Shroyer, M. (2013). The Development of Model Culturally Responsive Science and Mathematics Teaching. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s%0A11422-013-9544-1
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Khanifah, L. N., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Khasanah, I. M., Nuroso, H., & S, P. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally responsive teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1121–1127.
Kholifah, I. S., Wijayanti, R. R., & Faulina, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Geometri Transformasi dalam Penerapan Etnomatematika Budaya Batik Tulis Tanjung Bumi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1797–1809. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1384
Maulana, & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based learning Melalui Pendekatan Culturally responsive teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 153–163. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project based learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model Project Based Learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Pranowo, E., & Ardiyaningrum, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri Dukuh 1 Sleman. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 1–8. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi%0A
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih. (2020). Keefektifan Model Project based learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.25134/%0Apedagogi.v7i2.3626
Rahmawati, Y., Rahman, A., Triwana, M., & Handayani, T. (2017). Pendekatan Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya dan Karakter : Culturally responsive teaching Terintegrasi Etnokimia. Journal of Chemical Information and Modeling, 59(9).
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally responsive teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 110-118.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://jbasic.org/%0Aindex.php/basiceduv
Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Education Chemistry, 5(1), 21–27.
Yulaikha, I., Rahyu, S., & Parlan. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(6), 223–229. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilmi Aliya Firdausy, Desi Eka Pratiwi, Herlia Nimas Ayu Hastungkoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.