Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Bagian-bagian Rumah di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya

Authors

  • Irodatul Hasanah Hannah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Desi Eka Pratiwi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herlia Nimas Ayu Hastungkoro Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.126

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning, PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Putat Jaya IV-380. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, mayoritas siswa memperoleh nilai di bawah KKM, sementara setelah intervensi pada siklus 1, persentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM meningkat menjadi 81,48%, dan pada siklus 2 meningkat lebih lanjut menjadi 92,59%. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan PjBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan kolaborasi antar siswa. Hasil penelitian ini sejalan dengan temuan Mariska et al. (2021), yang menunjukkan bahwa PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta kemampuan keterampilan lainnya yang mendukung pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhalk, I., Suprayogi, U. (2013). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Agusti, N. M., & Aslam. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi WardWall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79-83.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 15-22.

Israwaty, I. (2023). Penerapan model Pembelajaran Project Based Learning Untyk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas V UPTD SD Negeri 111 Baru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 250-259.

Mariska, I. (2021). Model PjBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah dasar. Prinsip Jurnal PGSD, 1(2), 593-599.

Nugroho, W. (2021). Pengaruh Media Lingkungan Sekolah Berbasis Adiwiyata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Honoly Journal, 1(2), 39-48.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016.

Ramadhan, A., Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternative Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1), 121-128.

Ramadhani, N. (2023). Penerapan Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Satuan Waktu Siswa Kelas III Sekolah Dasar. E-jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(2), 304-316.

Sapriati. (2014). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sari, T. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Pinisi Journal PGSD, 2(2), 509-515.

Simbolon, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum, 1, 83-10.

Sinta, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 8(1), 24-28.

Suci, D. T. W. M., & Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning PadaKelas IV SD Negeri Suro Banyumas. National Conference for Ummah, 1(1), 1-11.

Sudrajat, A., Hernawati, E. (2020). Model-model pembelajaran Bagi Guru Jenjang MI, MTS, dan MA. Jakarta: Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Sulastri. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.

Susilawati. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 5(1), 25-28.

Wibowo, D. C. (2021). Studi Kasus Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 01 Nangka Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60-64.

Widiastutik, D. (2023). Penerapan Model PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. jurnalPendidikan Tambusai, 7(1), 4090-4096.

Downloads

Published

14-08-2024

How to Cite

Hannah, I. H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Bagian-bagian Rumah di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya . Journal of Science and Education Research, 3(2), 24–29. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.126