Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya

Authors

  • Hanik Oktaviasari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Desi Eka Pratiwi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herlia Nimas Ayu Hastungkoro Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.128

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Wordwall

Abstract

Salah satu mata pelajaran dasar yang penting dalam pendidikan adalah Matematika, namun banyak siswa merasa bahwa Matematika itu sulit dan kurang menarik saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengadopsi pendekatan yang lebih menyenangkan dengan menggunakan platform media Wordwall sebagai metode untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan hasil pembelajaran Matematika, khususnya pada Materi Konsep Penjumlahan di kelas I SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya, dengan memanfaatkan platform media Wordwall sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa di kelas I SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, persentase ketuntasan siswa adalah 37,03%. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,37% dengan 17 siswa mencapai ketuntasan. Di siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 88,88% dengan 24 siswa tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Wordwall secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran Matematika, khususnya pada Materi Konsep Penjumlahan di kelas I SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Amalina, P., & Irsan. (2024). Pengaruh model problem based learning berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 060811 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1050–1062.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Hamzah, A. (1981). Media Pembelajaran Audio-visual. Jakarta: Gramedia.

Imanulhaq, R., & Pratowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.ph%0Ap/gg/article/view/639/429

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.17%0A29

Lestari, S. I., Rahman, H., & Melisa, M. (2024). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Global Journal Teaching Professional, 3(2), 257–267. http://eprints.unm.ac.id/33894/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/33894/1/artikel Nurmawaddah.pdf

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. In JPK, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.p%0Ahp/jpk

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.%0A171

Rizal, M. P. dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Rosnah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3(4), 705–714.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332

Sumarni. (2019). Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Mind Mapping Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak. 5(1), 30–42.

Sumarni, S. (2018). Profil keterampilan mengembangkan media pembelajaran matematika mahasiswa calon guru matematika.

Sundi, V. H., & Herwina Bahar, R. I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 3(2), 54–62.

Tinesia Alifa, R., Safitri, D., & Info, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 222 Jakarta. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2950–2958.

Wijaya, C., & Rusyan, A. T. (1994). Kemampuan Dasar Mengajar Guru Dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

14-08-2024

How to Cite

Oktaviasari, H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 30–36. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.128