Penerapan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Budaya Kelas 4 SDN Dukuh Kupang III/490 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.133Keywords:
Jigsaw, Siswa, ModelAbstract
Penelitian ini dibuat dengan melihat adanya penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi dalam proses belajar mengajar dan kurangnya keaktifan siswa dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas materi Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw pada siswa Kelas IV SD Negeri Dukuh Kupang III/490 Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dari wawancara, pelaksanaan secara langsung, dan observasi terhadap guru kelas IV. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti menggunakan model Kemmis dan Taggart. Model ini terdiri dari empat fase antara lain: merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan mencerminkan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) Pada siklus utama hanya 10 siswa yang lulus, yaitu 35,7% dari jumlah siswa yang berjumlah 28 siswa. 2) Siklus I walaupun terjadi peningkatan dan 18 siswa telah mencapai kualifikasi penuh yaitu 64,3 dari 28 siswa, namun hasil belajarnya masih belum signifikan dan perlu ditingkatkan. 3) Hasil belajar Siklus II sebanyak sebanyak 26 peserta didik atau 92,9% dari total 28 peserta didik yang ada. Dengan hasil tersebut siswa menunjukkan keefektifan penggunaan kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw memberikan peningkatan hasil belajar siswa tingkat sekolah dasar yang signifikan, dan jika bekerja dalam kelompok memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembelajaran individu.
Downloads
References
Dakhi, & Agustin. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8, 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Evitasari, A. D., & Setyani, W. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 483–491. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8672
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. LPPPI.
Kamal, M. (2019). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Aura.
Masluchah, Y., & Abdullah, H. H. (2013). Penerapan Model Koopertif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.
Nur Amalia, S., Amrah, & Hotimah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD. Nubin Smart Journal, 3(1), 2023.
Putera, R. F., Anita, Y., & Ladiva, H. B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Model Jigsaw Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100048
Putri, D. R., Liani, S. A., & Widodo, S. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. 11, 54–62.
Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Publishing & Perdana.
Simeru, Nasution, T. (2023). Model Model Pembelajaran. Sutomo
Wijayanti, Fahmi, Dina, Chamidah, Suryadin, & Hasyda. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).
Wijayanto, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PPKN Melalui Model Pembelaajran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13(2), 189–201. https://doi.org/10.31942/mgs
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Nabila Pia Mariska, Anna Roosyanti, Ratna Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.