Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Materi Cerpen Kelas V SDN Dukuh Kupang III/490

Authors

  • Noor Fadlilla Damayanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Anna Roosyanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ratna Susanti SDN Dukuh Kupang III Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.137

Keywords:

Hasil Belajar, Cerpen, Media Pop-Up Book

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran penting yang terdapat dalam kurikulum merdeka. Tak jarang menemukan kesulitan peserta didik dalam memahami materi, terutama pada materi cerpen. Peneliti menjumpai permasalahan yang sama pada siswa kelas V SDN Dukuh Kupang III Surabaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi cerpen. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menerapkan media pop-up book untuk membantu siswa dalam memudahkan memahami materi cerpen dan untuk meningkatkan minat membaca siswa terhadap cerpen, sehingga dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas VSDN Dukuh KUpang III dengan jumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa setelah dilakukanya penerapan media pop-up book hasil belajar siswa kelas V mengalami peningkatan. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 32% pada pra-siklus menjadi 53% pada siklus I dan mencapai 85% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pop-up book terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi cerpen. Media Pop-up book ini terbukti dapat meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Panduan Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: Longmans, Green.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Maisarah, M., Daniah, D., & Fajria, F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 04 Aceh Besar. Jurnal Pendidikan, 10(2).

Ningsih, S. (2021). Efektivitas Media Pop-up Book dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Kelas IV pada Materi Cerita Fabe. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 45–52.

Nugraha, A. T., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas V. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 172–181.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryani, N. (2018). Penggunaan Media Pop-up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik terhadap Unsur Intrinsik Cerpen. Jurnal Basastra, 6(2), 193–207.

Yuliana. (2020). Penggunaan Media Pop-up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12 (3), 67–74.

Downloads

Published

31-08-2024

How to Cite

Damayanti, N. F., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Materi Cerpen Kelas V SDN Dukuh Kupang III/490. Journal of Science and Education Research, 3(2), 103–107. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.137