Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Asadulloh Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Edi Santoso Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.129

Keywords:

Media Benda Konkret, Hasil Belajar Matematika, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar melalui penerapan penggunaan media benda konkret. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Dukuh Kupang 1-488 Surabaya, dengan jumlah total 27 orang.Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa tercatat mencapai 48,1%. Kemudian, pada siklus II, persentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 88,9%, bahkan melebihi indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu ≥80%.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan penggunaan media benda konkret pada materi pembelajaran Bangun Ruang terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media ini terbukti efektif membantu siswa memahami konsep-konsep matematika secara lebih konkret dan nyata. Selain itu, media benda konkret juga mampu mendorong partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung.Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media benda konkret dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya di kelas 1 Sekolah Dasar. Penerapan media ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2017). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(2). doi:http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i2.%p

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

Bahtiar, R. S. (2013). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Lingkungan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1-10.

Enjelina, F., R., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1-7.

Gita, N., & Bella, C. (2022). Filsafat Matematika Sebagai Pembentukan Karakteristik Pada Media Pembelajaran. Duniailmu, 2(3), 1-8.

Hariyanti, R. S., Prasetyowati, D., & Utami, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Benda Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Panjang Kudus. Conference Universitas PGRI Semarang.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rustiyarso, M. S. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Noktah.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.). Rajawali Pers.

Wijayanti, R., Lestari, P. B., & Rochsun, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan dengan Mind Mapping Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika Diukur Dengan Korelasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 81–87.

Downloads

Published

15-08-2024

How to Cite

Asadulloh, Bahtiar, R. S., & Santoso, E. (2024). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 3(2), 43–49. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.129