Implementasi Kegiatan Apel Pagi terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.124Keywords:
Apel Pagi, Karakter, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Apel Pagi terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertempat di SMA Jati Agung Sidoarjo. Sumber data primer digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari kepala sekolah untuk mencari/mengumpulkan data kegiatan apel pagi dan mencari karakter siswa yang berkaitan dengan aktivitas tersebut dan dapat mempengaruhi karakter siswa. Sumber data sekunder yaitu data dokumentasi, gambar kegiatan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan observasi yang dikumpulkan peneliti yaitu aktivitas siswa di lapangan pada saat apel pagi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini dapat menjadi temuan bagi pihak sekolah dalam mengembangkan dan memajukan SMA Jati Agung Sidoarjo.
Downloads
References
Apriana, F. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Mulia dalam Konteks Merdeka Belajar untuk Membentuk Karakter Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 149–161.
Bahri, S. (2024). Membangun Moral Siswa Melalui Apel Pagi. Aplikasi Pembelajaran dan Metode Belajar Bahasa di Era Digital, 67.
Hanafi, H., Syarifudin, S., Nurfaizal, D., & Nurjanah, S. (2020). Kajian Ontologis Studi Agama-agama. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Istighfaroh, M. N., Agustini, F., Prayito, M., & Wigati, T. (2023). Penanaman Karakter Disiplin dalam Kegiatan Apel Pagi di SD Negeri Panggung Lor. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 1–10.
Itsna, H. (2021). Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Hiperaktif di TK Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.
Krisnawati, L. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Apel Pagi dalam Peningkatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di Madrasah Tsanwiyah Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).
Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali. In Antimicrobial Agents and Chemotherapy (Vol. 58, Issue 12).
Suwondo, S., & Waskito, W. (2024). Usaha Pembinaan Karakter dan Disiplin Siswa dengan Kegiatan Apel Pagi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3693–3700.
Winataputra, U. S., & Setiono, S. (2017). Pedoman Umum Penggalian dan Perwujudan Nilai Akhlak Mulia Bagian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Lestari Idayanti, Mufaizah Mufaizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.