Pengembangan E-Modul Biologi Pada Materi Pembelahan Sel SMA Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.50Keywords:
E-Modul, Bahan Ajar, ADDIE, Pembelahan SelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pada materi pembelahan sel di kelas XII SMA yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Bahan ajar E-Modul yang dikembangkan akan diuji validitasnya oleh 2 validator dan uji kepraktisan oleh guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 orang peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 14 Makassar untuk dilakukan uji coba terhadap kepraktisan bahan ajar E-Modul yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Berdasarkan analisis data, nilai kevalidan yang diperoleh dari kedua validator menunjukkan bahwa E-Modul berada pada kategori sangat valid dengan hasil persentase sebesar 94,2%. Hasil penilaian kepraktisan E-Modul yang diperoleh dari respon guru sebesar 93,6%, dan persentase kepraktisan yang didapatkan dari respon peserta didik sebesar 89,6%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa E-Modul biologi pada materi pembelahan sel SMA kelas XII yang dikembangkan bersifat valid dan praktis.
Downloads
References
Amri, S., Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktek Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hamid, M. S. (2011). Metode Edukinment Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Akademia Permata.
Murti, E. K., & Madya, W. (2013). Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya Pada Pembelajaran Disekolah Menegah Kejuruan (SMK) Paket Keahlian Desain Interior. Pendidikan Abad 21, 8(2), 1-8
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 1-8.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press
Priyanthi, K. A., Agustini, K., Si, M., Santyadiputra, G. S., & ST, M. C. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40-49.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-modul Kimia Berbasis Kemampuan Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58.
Susanti, N. R. (2013). Studi Tentang Penggunaan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ekosistem Materi Akutansi Pada Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Majokerto. Skripsi. Pendidikan Akutansi Fakultas Ekonomi UNESA.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 131-139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Ainunnisa Lingga Winari Setiawan, Hartono Hartono, Muhiddin Palennari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.