Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Kelas XI IPA SMAN 9 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.43Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Sistem Reproduksi ManusiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem reproduksi manusia pada siswa kelas XI IPA SMAN 9 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMAN 9 Mataram dengan menggunakan alat soal ujian dan lembar observasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan nilai hasil belajar, dan teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif yaitu evaluasi nilai setiap siklus pembelajaran. Hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan bahwa 21 siswa memperoleh nilai tuntas dan 11 siswa tidak memperoleh nilai tuntas. Sedangkan pada Siklus II terdapat 30 siswa memperoleh nilai tuntas dan 2 siswa tidak tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mengenai materi sistem reproduksi manusia.
Downloads
References
Ana, H. R., Herman., & Rahmia. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX SMPN 2 Angsana. Profesi Kependidikan, 2(2), 11-22.
Ekayani, N. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha.
Nur, M. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Prasetyanti, N., Sari, D., & Sajidan, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas Xi Mipa-1 Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.20961/inkuiri.v5i2.9464
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35 - 42. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.04
Sari, J. P. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi (Penelitian Pre-experiment Design di Kelas XI SMA Nugraha Bandung). Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Warisno, A. (2022). Konsep Mutu Pembelajaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 310–322. https://doi.org/10.51278/aj.v4i1.442
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riza Apriana Riza, I Wayan Merta, Yen Kusnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.