View From Home: Seberapa Besar Peran Keluarga dalam Menentukan Kesulitan Belajar Biologi?
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.42Keywords:
Kesulitan Belajar, Faktor Keluarga, BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor keluarga sebagai salah satu faktor penyebab kesulitan belajar materi biologi pada siswa SMA Negeri 4 Parepare. Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kuantitatif dengan 128 sampel yang ditentukan melalui metode sensus. Instrumen penelitian yakni angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menghitung persentase tiap indikatornya kemudian mengkategorikannya. Faktor keluarga yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik terdiri dari lima indikator yaitu cara mendidik anak, hubungan orang tua dan anak, suasana rumah tangga, keadaan ekonomi, dan perhatian orang tua. Berdasarkan hasil penelitian, factor keluarga yang menyebabkan kesulitan belajar tergolong pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62,17%. Rata-rata persentase tertinggi terdapat pada indikator faktor keluarga yaitu hubungan orang tua dan anak dengan rata-rata persentase tergolong pada kategori tinggi yaitu 64,37% sedangkan rata-rata persentase indikator terendah yaitu suasana rumah tangga dengan rata-rata persentase tergolong pada kategori sedang yaitu 58,78%.
Downloads
References
Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Fithriani. (2021). Peran Orang Tua Memberikan Motivasi Terhadap Prestasi Anak Dalam Keluarga. Universitas Negeri Islam Ar-Raniry, 1-13.
Fittari, H., Aprison, W., & Yusri, F. (2020). Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(2), 75-93.
Juliarti, D. (2019 ). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Padang. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Karini, A., Mashudi, & Aminuyati. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Pontianak : Universitas Tanjungpura.
Sianturi, S., & Gultom, T. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 170-178.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suartini, N. W. (2022). Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 141-145.
Zamzami, Sakdiah, & Nurbaiza. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 123-133.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Halifah Pagarra, Andi Rahmat Saleh, Putri Nurul Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.