Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Hentikan Perundungan Kelas 5 di SDN Dukuh Kupang II - 489 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.135Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi hentikan perundungan pada siswa kelas 5 di SDN Dukuh Kupang II – 489 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam menelaah materi dan aktif bertanya jika ada yang kurang dimengerti, dimulai dengan sebuah masalah yang harus dipecahkan bersama dalam kelompok. Dengan model ini, guru lebih mudah melaksanakan pembelajaran di kelas dan memberikan pemahaman yang tepat. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 65,8 pada siklus I menjadi 77,5 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 65% menjadi 90%. Guru memberi dorongan aktif kepada siswa melalui penilaian tambahan untuk meningkatkan partisipasi dalam diskusi dan presentasi antar pasangan. Disarankan agar guru menggunakan lebih dari sekadar metode ceramah, tetapi juga model pembelajaran aktif lainnya, seperti Problem Based Learning, untuk memotivasi siswa dalam belajar.
Downloads
References
Hasrah, S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 18–24.
Marlina, R. (2018). Penerapan Lesson Study For Learning Community (LSLC) pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura. 15.
Mingkid, A. S. M. F., Tuerah, R. M. S., Pinontoan, M., Mangantung, J., & Tiwa, T. M. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri 70 Manado. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6529795
Oktafiani, D. F., Damayanti, H., & Hardianti, R. D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII-D di SMP N 11 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, 362–370.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 724–730.
Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (LSLC). Ta’lim, 3(01), 25–38. https://doi.org/10.36269/tlm.v3i01.376
Saepul, A. D., Helina, N., & Sutresna, Y. (2023). Improving Students’ Learning Outcomes Through Pjbl Learning Models In Practices For Making Of Casting Tape (Manihot Utilissima) With The Assistance Of Media Quiziz. Journal Of Biology Education Research (JBER), 4(1), 25–30. https://doi.org/10.55215/jber.v4i1.7583
Sukarjita, I. W., Fakhruddin, F., Yusuf, Y. M., & Giri, M. Y. (2020). Lesson Study For Learning Community Dalam Model Pembelajaran Motoric. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(1), 38–45. https://doi.org/10.53395/jes.v4i1.86
Sumarni, S., Putri, R. I. I., & Andika, W. D. (2021). Project Based Learning (PBL) Based Lesson Study for Learning Community (LSLC) in kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 989–996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1637
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) (Cetakan Pertama). Deepublish.
Winkel, W. S. (1991). Psikologi Pengajaran. PT. Gramedia.
Wulandari, T., Tanjung, Y. I., & Festiyed, F. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Konteks Budaya Pada Materi Mekanika. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 339–345. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3514
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Azkha Al Muhammadi, Bekti Wirawati, Darsono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.