Penerapan Program Entrepreneurship di MINU Waru 1 Sidoarjo

Authors

  • Adila Firdausi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Qurrotin Ayuni Li Afafina Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.125

Keywords:

Ekstrakulikuler, Program Kewirausahaan, Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan program entrepreneurship yang berlaku di MINU Waru 1. Urgensi program kewirausahaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan minat dan membentuk karakter berwirausaha dalam diri peserta didik. Program kewirausahaan ini berbeda dengan program pendidikan lainnya. Hal ini dikarenakan program kewirausahaan lebih difokuskan pada sikap, karakter, kemampuan dan mental peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang input, proses dan output dalam makna implementasi entrepreneurship di MINU Waru 1. Sumber data dalam penelitian ini terdapat data utama (primer) dan data pendukung (sekunder). Sumber data primer pada penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Waka Kurikulum. Sumber data sekunder penelitian ini meliputi buku-buku yang digunakan sebagai referensi, serta laporan-laporan dan jurnal ilmiah yang diakses melalui internet.Penerapan entrepreneurship di MINU Waru 1 mengarah pada dua aspek penting 1) jual beli, 2) penanaman nilai-nilai entrepreneur. Penerapan entrepreurship tentunya memberikan dampak positif bagi peserta didik, hal tersebut dapat diamati pada hasil setiap karya yang dibuat semakin baik dan beragam yang menandakan bahwa kemampuan kreativitas dan karakter berwirausaha peserta didik meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addini, F. N. (2023). Pembuatan Stiker sebagai Penanaman Edupreneurship pada Anak Sekolah Dasar Kelas Dua. Pena Edukasia, 1(3), 256–258. https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe

Afandi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2671

Aghnaita, Muzakki, Afifah, N., Ervina, Ma’rifah, N., Isnawati, & Rahmi, A. (2024). Pengenalan Kegiatan Edupreneur Bagi Anak Usia Dini Di Ra Al-Muslimun Nurul Islam Palangka Raya. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i1.47

Anis Rochmawati Barokah, & Rahmat Kamal. (2023). Implementasi Sekolah Adiwiyata Terhadap Pembentukan Karakter Kedisiplinan Dan Entrepreneurship Siswa Di Mi Salafiyah Tanjung. Madako Elementary School, 2(2), 181–189. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.173

Kurtis, V., & Giatman, M. (2024). Manajemen Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6753–6764.

Lestari, R., Syefrinando, B., Efni, N., & Firman, F. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Entrepreneur di Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 154–161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1760

Mala, A., Purwatiningsih, B., & Ghozali, S. (2023). Implementasi Pengembangan Jiwa Literasi Entrepreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 120–144.

Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176–183. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.4096

Novita, D., & Nuriadin, I. (2023). Implementasi Edupreneurship Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Teaching Factory Dan Bussines Center Di Smkn 3 Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa, 3(10.46306/vls.v3i2), 707–726.

Nurcahya, Y. A., & Khabibah, N. A. (2019). Analysis of The Effect of Edupreneurship on Entrepreneurial Interest and Competitiveness of University Graduates. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology. https://tirto.id/

Purnamasari, I. (2023). Mewujudkan Potensi Edupreneur di Sekolah Dasar Negeri Daerah Binaan 2 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara untuk Menciptakan Generasi Muda Berdaya Saing Tinggi. Pena Edukasia, 1(4), 312–317.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

R. Septianingsih, D. Safitri, S. S. (2023). Implementasi Edupreneurship Dan Konsep Metode Belajar Blended Learning Pada Lembaga Pendidikan Islam Ar Rosyid Shofi. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.132.2

Rahmawati, N., Indra, M., & Gunawan, A. (2022). Analisis Program Edupreneur Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Menganti Gresik). EL-MIAZ: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 2(1), 29–35.

Rohmah, L. (2019). Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 6.

Solikha, N., Putra, Y. D., & Anisa, N. (2024). Pengaruh Persepsi Mahasiswa PAUD pada Mata Kuliah Edupreneurship terhadap Minat Berwirausaha Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 8(3), 2196–2208.

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976–7987.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan Kompetensi Kerja berbasis Integrasi Soft Skills, Hard Skills dan Entrepreneur Skills Program Keahlian Kuliner melalui Penerapan Teaching Factory SMK. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(8), 152–167. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/596

Tamam, B., & Muadin, A. (2019). Implementasi Edupreuneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3521

Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737

Zakaria, Z., Ganefri, G., & Yulastri, A. (2022). Pengembangan Jiwa Edupreneurship Siswa Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Sekolah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 944–955. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.132

Zulkarnain, & Akbar, E. (2019). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit An-Najah Kabupaten Aceh Tengah. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 12(November), 151.

Downloads

Published

12-08-2024

How to Cite

Firdausi, A., Afafina, Q. A. L., & Alfiyah, H. Y. (2024). Penerapan Program Entrepreneurship di MINU Waru 1 Sidoarjo. Journal of Science and Education Research, 3(2), 11–16. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.125