Pembinaan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas IV di SDN 26 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.123Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Ekstrakurikuler Pramuka, Siswa Kelas IV, SDN 26 CakranegaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas IV di SDN 26 Cakranegara, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi non-partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan memastikan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional dilakukan melalui kegiatan perkemahan seperti pesta siaga dan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), serta kegiatan mingguan seperti latihan baris-berbaris, tali-temali, dan Semaphore. Faktor-faktor pembinaan meliputi faktor internal, yaitu agama atau keyakinan, dan aspek genetik seperti fisik, kognitif, dan sikap, serta faktor eksternal, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional pada siswa kelas IV melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 26 Cakranegara dilakukan melalui latihan rutin mingguan yang mengajarkan tanggung jawab, disiplin, keterampilan, kerja sama, kebersihan, dan percaya diri. Faktor lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat turut berperan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Afdal, A., & Widodo, H. (2020). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di Sd Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 68–81. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.399
Amini, N., & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108–124. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162
Armada. (2021). Mengenal Kecerdasan “Sesosif” yang Dikembangkan Gerakan Pramuka Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ armada11news6200/ 61bd162c06310e07074fdd52/ mengenal-kecerdasan-sesosif-yang-dikembangkan-gerakan-pramuka-indonesia
Badaruddin, Z., & Kamizi, F. (2020). Ragam Keteramplan Pramuka. CV. Amanah.
Dullah, B. S., & Rusdi, W. (2021). Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Dan Pengaruhnya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 152–163. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.155
Fitiana, N. (2022). Kecerdasan SESOSIF dalam Bingkai Pramuka. Gurusiana. https://www.gurusiana.id/read/fitrianurr/article/kecerdasan-sesosif-dalam-bingkai-pramuka-4054000/
Goleman, D. (1998). Kecerdasan emosional. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, L., & Mustafa, P. S. (2023). Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran. UIN Mataram Press.
Handayani, S. R. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Kegiatan Kepramukaan di Gugus Depan (GUDEP) 011-012 SMP Negeri 3 Payakumbuh. Jurnal Halaqah, 1(2), 121–130.
Hidayanto, A. F., & Novianti, R. (2017). Redesain Tas Berkemah Untuk Anak Pramuka. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 5(1), 52–64. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v5iNo. 1.59
Idrus, S. F. I. Al, Damayanti, P. S., & Ermayani. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 137–146. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3120
Ismah, S. (2016). Komunikasi Antara Pribadi Pada Keluarga Broken Home. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Jumiyati, J. (2022). Penanaman kecerdasan emosional dan spiritual melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler pada MI Ma’arif Sendang Karangsari Pengasih Kulon Progo tahun 2021. PEDIR: Journal of Elementary Education, 2(1), 66–89.
Kalimanah, K. (2022). Petunjuk Teknis Pesta Siaga.
Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052
Marzuki, M., & Hapsari, L. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8619
Mubarak, H., Irawani, A., & Tirta, A. (2016). Materi pramuka. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Mustafa, P. S. (2022). Characteristics of Learners and Their Implications in Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 7043–7056. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2751
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Insight Mediatama.
Nawwai, I. (2019). Arba’in. ND Creative Solutions.
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Permadi, K. S., Dewi, P. Y. A., Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 179. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i2.923
Ramdan, A. Y., & Suryono, Y. (2020). Implementasi delapan metode kepramukaan sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(2), 341–356. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.29723
Safaria. (2005). Interpersonal Intelegence. Amara Books.
Sagala, R. (2018). Pendidikan spiritual keagamaan (Dalam teori dan praktik). SUKA-Press.
Santosa, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Di Sdit Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al-Bidayah, 7(1), 63–73.
Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167
Sit, M. (2021). Optimalisasi kecerdasan majemuk anak usia dini dengan permainan tradisional. Prenada Media.
Solechan, S., & Fatmawati, E. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP PGRI Jogoroto – Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 73–86. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.230
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alphabeta.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Syafiudin, M. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 71–82. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.863
Syehma, R. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kepramukaan. UWKS Press.
Tamjidillah. (2018). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Ekstrakurikuler. CV Elhikam Press Lombok.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irsa Aulia, S. Ali Jadid Al Idrus, Pinton Setya Mustafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.