Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Penjahit Berbasis Digitalisasi di Desa Punggul
DOI:
https://doi.org/10.62759/jpim.v2i1.99Keywords:
Digitalisasi, UMKM, Sosial MediaAbstract
Perkembangan digitalisasi saat ini terbilang sangat pesat dan banyak memiliki dampak positif, salah satu nya dalam dunia bisnis. Penggunaan teknologi komunikasi dalam dunia bisnis sangat berguna untuk salah satunya dalam hal pemasaran produk di sosial media. Beberapa platform yang bisa dipergunakan untuk memasarkan produk-produk yang akan dijual yaitu Facebook dan Instagram. Kedua platform tersebut memiliki banyak pengguna, yang awal nya hanya untuk berkomunikasi sekarang telah berkembang sebagai salah satu sarana dalam pemasaran produk. Akan tetapi timbul permasalahan dalam dunia bisnis yang dimana tidak semua pelaku usaha bisa menggunakan platform tersebut untuk melakukan penjualan atau pemasaran agar bisa bersaing dengan para pelaku usaha yang lainnya. Pengabdian masyarakat kali ini bertujuan membantu pelaku usaha yang berada di desa punggul untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan platform sosial media Facebook dan Instagram untuk meningkatkan daya jual yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu deskriptif kualitatif. Usaha jahit pakaian Ibu Musdalifah telah berdiri sejak masa pandemi Covid-19 kemarin untuk membantu perekonomian keluarganya, dan masih berlangsung sampai saat ini sudah banyak memiliki konsumen, meskipun jangkauan penjualan nya hanya di sekitar beberapa desa. Dengan rencana pemasaran yang akan dilakukan harapan nya bisa menjangkau konsumen lebih banyak untuk menggunakan jasa nya serta produk stock baju jadi yang dimiliki ibu musdalifah agar bisa lebih cepat terjual. Dari persaingan harga yang ketat hingga pengolahan produk sedemikian menarik membuat persaingan sangat tinggi. Sehingga dibutuhkannya kreativitas untuk melakukan bisnis dalam media sosial untuk menggaet konsumen agar bisa tertarik dengan produk atau jasa yang telah kita tawarkan. Pembuatan logo dan konten-konten yang menarik bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan traffic sosial media.
Downloads
References
Andrianto, N. M., Oktora, K., & Bon, A. T. (2021). Understanding Millennial’s Online Buying Behavior During Pandemic Covid-19. Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Prespektif Komunikasi, Budaya, dan. Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Saladin, D. (2004). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: CV Linda Karya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Iqbal Baharuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.