Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Anggita Putri Mauliza Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ati Sukmawati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Pinton Setya Mustafa Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i1.72

Keywords:

Kerjasama Guru dan Orang Tua, Disiplin, Siswa Kelas I

Abstract

Tujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada MIN 3 Kota Mataram kelas I. Pengumpulan data dari penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan yang terdapat di MIN 3 Kota Mataram adalah membuat grup Whatsapp; mengadakan surat menyurat antara sekolah dan orang tua; dan melibatkan orang tua dalam perencanaan karakter disiplin. Selanjutnya, pelaksanaan hasil dari kerjasama tersebut melahirkan tata tertib beserta tindak lanjutnya, adanya kesadaran orang tua untuk peduli dengan sikap disiplin anaknya, sehingga memudahkan guru untuk mengontrolnya di kelas. Kesimpulkan dari penelitian ini yaitu telah terdapat ragam bentuk kerjasama guru dan orang tua untuk menumbuhkan kedisiplinan siswa kelas I. Hasil kerjasama tersebut memberikan dampak yang baik, dimana karakter disiplin pada anak kelas I MI dapat ditumbuhkan dengan optimal dari keterlibatan orang tua dan guru yang saling berkoordinasi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, C. T., & Rifa’i, A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Cristo, W. R. (2018). Pengertian tentang Dampak. Bandung: Alfabeta.

Dewi, A. (2022). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak Anak. Journal of Educational Research, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.5

Elpa, R., & Dafit, F. (2022). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 190 Pekanbaru. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), 95–110. https://doi.org/10.5281/zenodo.6672934

Fenti, L., & Anita, D. (2017). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru terhadap Pelaksanaan Salat Lima Waktu bagi Anak Usia 10 sampai 12 Tahun di SD Negeri 1 Setu Wetan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida, 4(12), 23.

Halim, H. (2015). Cara Peraktis Memahami dan Menyusun Legal Audit & Legal Opinion. Jakarta: Kencana.

Hartanto. (2010). Panduan Aplikasi Smartphone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Herlina, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar (SD) di Korong Rimbo Karambia, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 45–49. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.614

Hidayati, W., Syaefudin, & Muslimah, U. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara.

Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama guru dengan orang tua membentuk karakter disiplin siswa kelas V SD negeri gembongan. Basic Education, 5(18), 1–737.

Krisnawati, A. (2016). Upaya Guru dalam Membina Kerjasama dengan Orang Tua Guna Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Negeri Gembongan Sentolo Kulonprogo. UNY.

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab ( uma A. Wamaungo, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Listari, M., Imam Tabroni, & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 200–212. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2944

Lubis, I. S., Rahmi, K., & Sabri, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa New Normal Siswa Kelas IV SD Panyabungan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(4), 330–339. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i4.1176

Mariyani, M., & Gafur, A. (2018). Strategi Pembentukan Sikap Disiplin Warga Negara Muda Melalui Persekolahan. Publikasi Pendidikan, 8(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4484

Mu’arifin, M., Mashud, M., & Mustafa, P. S. (2022). Identification of Learning Problems in Physical Education Sports and Health Subject during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(2), 186–193. https://doi.org/10.17509/jpjo.v7i2.49683

Muimunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang.

Muqsith, M. A. (2022). Pesan Politik di Media Sosial Twitter. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Mustafa, P. S. (2022). Characteristics of Learners and Their Implications in Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 7043–7056. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2751

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., … Romadhana, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Mojokerto: Insight Mediatama.

Nabawi, D. (2021). Peran orang tua dalam pengembangan karakter disiplin anak pada pembelajaran daring siswa kelas 2 SDIT Insan Karima. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 82. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.8550

Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, H., & Ihsan, M. N. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315

Rohman, N. (2019). Peran Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas V MIN 1 Jombang. FTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sari, D. D. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Group Sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orangtua Siswa Selama Masa Pandemi Covid 19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 79–88. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2324

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.; Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alphabeta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama, M. P., Patriana, W. D., Faiziyah, N., & Novitasari, M. (2022). Desain Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi Sekolah Dasar. Surakarta: Muahmmadiyah University Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Downloads

Published

10-01-2024

How to Cite

Mauliza, A. P., Sukmawati, A., & Mustafa, P. S. (2024). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Science and Education Research, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.62759/jser.v3i1.72