Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis (Studi Kasus pada Organisasi HIMAMASDA)

Authors

  • Aisya Ayuni Astutik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Wahyu Eko Pujianto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i1.61

Keywords:

Organisasi Mahasiswa, Sikap Demokratis, HIMAMASDA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana peran organisasi mahasiswa dalam pembentukan sikap demokratis. Sikap demokrasi didasarkan pada pengembangan pandangan demokrasi mahasiswa. peran organisasi Himpunan Mahasiswa Manajemen UNUSIDA atau biasa yang dikenal dengan HIMAMASDA, berkontribusi terhadap pembentukan sikap demokrastis dalam mendidik mahasiswa tentang nilai demokrasi dalam menjaga eksistensi bangsa. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang mencirikan atau menggambarkan item penelitian berdasarkan fakta yang nyata atau yang sebenarnya disebut penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) bagaimana membentuk sikap demokratis melalui fungsi organisasi HIMAMASDA melalui musyawarah seluruh anggota organisasi mahasiswa. 2) Hambatan yang dirasakan oleh pengurus HIMAMASDA adalah masih adanya keterbatasan dana dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. 3) Penyelesaian hambatan memerlukan pelaksanaan penilaian rutin untuk mengukur efektivitas program yang telah ditetapkan dan, jika diperlukan, menerapkan langkah-langkah perbaikan. Hal ini akan menjamin bahwa program dilaksanakan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang dimaksudkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., & Novie, M. (2023). Hubungan antara Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 1(1), 11-23.

Budiyono, B., & Kokotiasa, W. (2013). Analisis Persepsi Mahasiswa IKIP PGRI Madiun Terhadap Pancasila Sebagai Identitas Nasional. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 135-172.

Dianti, P., & Waluyati, S. (2020). Dampak Potensial Penggunaan Buku Ajar Pendidikan Demokrasi Berbasis Nilai Dalam Mengembangkan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 75-85.

Frisiliawati, C. (2022). Urgensi Pengetahuan Demokrasi Dalam Pembentukan Sikap Demokratis. AGORA, 11(4), 408-420.

Gunarsi, S., Nugraha, B., & Wahono, T. (2014). Pelaksanaan Nilai Demokrasi di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi PKn FKIP UMS Tahun Akademik 2014/2014). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 85-92.

Jiwandono, I. (2020). Dinamika Sosial Sikap Narcisstic Aksi Demonstrasi Mahasiswa Dalam Prospek Demokrasi Indonesia. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 34-40.

Mellor, S., & Kennedy, K. (2003). Australian Students’ Democratic Values and Attitudes Towards Participation: Indicators from the IEA Civic Education Study. International Journal of Educational Research, 39(6), 525-537.

Mukmin, B., & Prayetno, P. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Mata Kuliah Teori Politik dan Demokrasi. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 63-76.

Nastiti, D. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 64-76.

Oross, D., Kovacs, T., & Szabo, A. (2018). University Students' Democratic Values and Attitudes Toward Democracy in Hungary. European Quarterly of Political Attitudes and Mentalities, 7(1), 15-31.

Pandri, R., Damayanti, E., Afriani, M., Pratama, R., Nurhayati, N., Juneti, J., & Karomi, A. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Demokratis Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 2(1), 1-7.

Pujianto, W., & Larassaty, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi dengan Model Blue Ocean Leadership melalui Dimensi Spiritual. Journal of Research and Technology, 8(2), 179-193.

Purnomo, S. (2014). Pendidikan Karakter di Indonesia: Antara Asa Dan Realita. Jurnal Kependidikan, 2(2), 66-84.

Rabou, A. A. (2016). Democracy as Student Mobilization: How Student Unions Struggle for Change in Egypt. In Education and the Arab Spring, 49-67.

Said, M., Goldstein, H., Korra, A., & El-Kashlan, K. (2010). Blindness Prevalence Rates in Egypt: A Comparison of Random and Self-Selected Samples of Urban and Rural Residents, by Affection and Etiology. HSMHA Health Reports, 87(2), 177.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto. (2015). Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Widayanto, A. (2012). Karakteristik Prestasi Akademik Mahasiswa Aktivis Organisasi Intrakampus di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zakaria, M., Muzdalifah, L., Novie, M., & Larassaty, A. (2022). Learning Organization dan Culture Organization pada Kinerja Karyawan. In Prosiding Seminar Nasional. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1(1), 32-44.

Downloads

Published

01-01-2024

How to Cite

Astutik, A. A., & Pujianto, W. E. (2024). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis (Studi Kasus pada Organisasi HIMAMASDA). Journal of Science and Education Research, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.62759/jser.v3i1.61

Most read articles by the same author(s)