Penerapan Open-Ended Question dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IIS 2 SMAN 8 Mataram

Authors

  • Miftahul Hasanah Author
  • Khairuddin Universitas Mataram
  • Rohayuni Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v3i1.45

Keywords:

Hasil Belajar, Open-Ended Question, Problem Based Learning, Ekosistem

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, hasil belajar kognitif peserta didik di SMAN 8 Mataram pada mata pelajaran Biologi masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).  Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan open-ended question dalam model pembelajaran Problame Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada materi ekosistem kelas X IIS 2 SMAN 8 Mataram. Subyek penelitian berjumlah 30 orang yang teridiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Pelaksanaan dilaksanakan menggunakan metode Lesson Study yang terdiri dari 2 siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik 67% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 74. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik 83% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 84. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Open-ended question dalam model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dayeni, F. dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 29-36.

Gumrowi. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Melalui Simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- Biruni, 5(1) 105-111.

Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains, Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Lagiono, M.I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(2), 39-51.

Lestari., & Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Retika Aditama.

Mulyasa, E. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Akasara.

Nikmah, I (2015). Penerapan PBL dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VII Materi Segi Empat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut.

Novitasari, D., Wahyuni, D., & Prihatin J. (2015). Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dilengkapi Teknik Mind Mapping Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pakusari Jember Pokok Bahasan Jamur Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pancaran, 4(2), 35-47.

Paizaluddin., & Ermalinda. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Data Alfabeta.

Ratumanan & Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Ambon: UNESA University Press.

Rerung, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 47-55.

Saregar. A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 39-51.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Downloads

Published

15-02-2024

How to Cite

Hasanah, M., Khairuddin, & Rohayuni. (2024). Penerapan Open-Ended Question dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IIS 2 SMAN 8 Mataram. Journal of Science and Education Research, 3(1), 40–43. https://doi.org/10.62759/jser.v3i1.45