Analisis Perilaku Konsumtif Gen Z Pada Bulan Ramadhan 1444 Hijriah (Studi Kasus di Desa Ketegan)

Authors

  • Alfath Fabian Adinata Universitas Nadhdlatul Ulama Sidoarjo
  • Wahyu Eko Pujianto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.34

Keywords:

Gen Z, Bulan Ramadhan, Konsumtif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat perubahan pola perilaku muslim ketika menjelang puasa pada bulan Ramadhan di kota Sidoarjo, tepatnya di Desa Ketegan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dicari merupakan data primer yang dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Perilaku konsumtif generasi Z pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Desa Ketegan dipilih sebagai studi kasus untuk melihat perilaku konsumtif generasi Z pada bulan Ramadhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipan. Sampel terdiri dari 15 responden generasi Z yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan konsumsi di bulan Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan dari  15  responden  Gen Z yang aktif di kegiatan Bulan Ramadhan sebanyak  10 responden memilih untuk berbelanja pada waktu Bulan Ramadan. Hal yang paling menonjol dilakukan  oleh  7 responden (46%)  saat  berbelanja  adalah  membeli  makanan  secara langsung dan responden lain menggunakan platform online seperti ShopeFood, GrabFood, GoFood.   Serta   kami   telah   melakukan wawancara langsung dengan 5 responden Generasi Z yang memilih untuk berbisnis. Saya harap penelitian ini bisa menjadikan desa menjadi lebih unggul, khususnya generasi Z, dalam mengelola konsumsi mereka pada bulan suci Ramadhan. Tujuan penelitian ini tidak lain untuk menumbuhkembangkan dunia digital di desa tersebut biar tidak tertinggal dengan desa-desa yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, R. (2022). Peran Moderasi Religiusitas Pada Hubungan Adiksi Internet Terhadap Impulse Buying Online Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi penelitian pada Generasi Z UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Amanda, G. R. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Umar Bin Al-Khatab (Studi Kasus: Generasi-Z Di Universitas Islam Indonesia Pengguna Tiktok Shop).

Harahap, A. N., Irmawati, J. E., Tahu, Y. I., Agustin, D. F., & Radianto, D. O. (2022). Perilaku serta Sifat Konsumtif dan Produktif Mahasiswa Baru Manajemen Bisnis Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya di Bulan Ramadan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 4(1), 14–23.

Hasanah, C. (2022). Perilaku Impulse Buying Generasi Milenial Kota Bengkulu Pada E-Commerce Perspektif Yusuf Qardhawi. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Marpaung, K., & Rahma, T. I. F. (2023). Pengaruh Gengsi, Diskon, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumerisme Generasi Z di Kalangan Mahasiswa Manajemen. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 8–23.

Pujianto, W. E. (2022). Pengantar Manajemen Era Digital.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan)”. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Safira, R., Sugianto, S., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat Digital Payment Sebagai Alat Pembayaran Terhadap Perilaku Konsumtif Individu Dengan Digital Savvy Sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2859–2878.

Satira, S. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif Pemuda Muslim terhadap Eksistensi Warung Kopi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Warkop Zakir Lampriet Banda Aceh). UIN Ar-Raniry.

Downloads

Published

03-08-2023

How to Cite

Adinata, A. F. ., & Pujianto, W. E. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Gen Z Pada Bulan Ramadhan 1444 Hijriah (Studi Kasus di Desa Ketegan). Journal of Science and Education Research, 2(2), 20–24. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.34

Most read articles by the same author(s)