Sosialisasi dan Pendampingan Pengurusan Nomor Induk Berusaha untuk Pelaku UMKM Jual Beli Kambing AIM

Authors

  • Achmad Ali Yudin Hakim Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Rizky Oktavian Ramadhan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • M Nur Wahid Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nafia Ilhama Qurratu’aini Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.62759/jpim.v1i2.112

Keywords:

Pendampingan, Nomor Induk Berusaha, Peternakan, UMKM

Abstract

NIB merupakan nomor identitas berusaha yang digunakan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial dan operasional. NIB atau Nomor Induk Berusaha sebagai legalitas sebuah usaha merupakan sebuah kewajiban bagi pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Metode yang digunakan pada pendampingan pengurusan UMKM ini ialah dengan melakukan sebuah observasi dan juga pendekatan ke pihak pelaku UMKM jual beli kambing AIM yang berada di Desa Balonggabus Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Artikel ini ditulis menggunakan metode kualitatif dan deskriptif dengan melakukan tanya jawab kepada pemilik UMKM jual beli kambing AIM. Sosialisasi dan pendampingan pembuatan NIB yang dilakukan di Desa Balonggabus Kecamatan Candi  Kabupaten Sidoarjo pada bulan April 2024 mendapatkan respon yang positif dari bapak Kojim sebagai pelaku usaha mikro Jual Beli Kambing AIM. Pendampingan dilakukan nya pembuatan Nomor Induk Berusaha NIB yaitu kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh para pelaku usaha, terutama yang berasal dari kalangan tua. NIB sangatlah penting bagi suatu usaha, tetapi masih banyak para pelaku usaha yang kurang faham tentang adanya NIB dan juga masih belum mengetahui cara membuat NIB tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A., Mas’udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124.

Diana, L., Akbhari, I., Fadhilah, A., & Hidayaturracman, H. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Untuk Kesadaran Legalitas Usaha Bagi UMKM Kelurahan Dukuh Sutorejo. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.59066/jppm.v1i2.72

Hafsah, M. J. (2004) Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Diakses dari www.smecda.com.

Qurratu’aini, N. I., Muzdalifah, L., Novie, M., Taqwanur, Zaki, A., & Oktavia, L. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pengurusan Nomor Induk Berusaha untuk Pelaku UMKM. Journal of Science and Social Development, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.55732/jossd.v6i1.960

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Downloads

Published

01-07-2024

How to Cite

Hakim, A. A. Y., Ramadhan, R. O., Wahid, M. N., & Qurratu’aini, N. I. (2024). Sosialisasi dan Pendampingan Pengurusan Nomor Induk Berusaha untuk Pelaku UMKM Jual Beli Kambing AIM. Jurnal Pengabdian Inovatif Masyarakat, 1(2), 74–76. https://doi.org/10.62759/jpim.v1i2.112